#navbar-iframe { display: none !important; }

Sunday, January 15, 2012

prasangka buruk.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sebagai mahluk sosial, pastinya kita sering berinteraksi dengan sesama manusia,
dalam menjalani aktifitas kehidupan kita sehari-hari, sering kali kita di hadapkan pada situasi dan hal -hal yang mengundang pertanyaan, kita mungkin sering lalai dalam menggambil keputusan, dengan berdasarkan prasangka kita tanpa adanya pembuktian,
yah syukur-syukur kalau prasangka kita itu baik, kalau sebaliknya bagaimana,?? mungkin kita sudah menuduh atau mengsangkakan apa yang tidak ia lakukan.
 
padahal kita semua tau bahwa berprsangka buruk itu tidak baik dan dapat merugikan kita sendiri dan orang lain,
dengan prasangka buruk kita juga telah menganiayah diri kita sendiri,, dan itu sangat mungkin menjadi fitnah bagi orang lain
rasullulah telah mengingatkan kita dalam haditsnya, rasullulah bersabda:
 
"menjawab; 'Allah dan Rasul-Nya lebih tahu.' Kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: 'Ghibah adalah kamu membicarakan saudaramu mengenai sesuatu yang tidak ia sukai.' Seseorang bertanya; 'Ya Rasulullah, bagaimanakah menurut engkau apabila orang yang saya bicarakan itu memang sesuai dengan yang saya ucapkan? ' Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berkata: 'Apabila benar apa yang kamu bicarakan itu ada padanya, maka berarti kamu telah menggunjingnya. Dan apabila yang kamu bicarakan itu tidak ada padanya, maka berarti kamu telah membuat-buat kebohongan terhadapnya. Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah bertanya: "Tahukah kamu, apakah ghibah itu?" Para sahabat ' (MUSLIM - 4690)"
 
dalam al qur'an ALLAH SWT berfirman:
"dan janganlah sebagian kalian mengghibahi sebagian yang lain. Sukakah salah seorang dari kalian memakan daging bangkai saudaranya yang telah mati? Tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertaqwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang (QS 49 :12)."

dengan sangkaan buruk kepada orang lain, sesungguhnya hanya mengkerdilkan diri kita dimata ALLAH, kita manusia adalah mahluk yang paling mulia, tapi apakah yang memuliakan manusia,,??? ahlak kita tentunya.
agama merupakan pedoman hidup kita. dan buah dari agama ialah ahlak, karena Rasulullah di utus bukan untuk menyempurnakan agama tapi menyempurnakan ahlak manusia.
bagi kawanku yang pernah dituduh atau disangkakan dengan apa yang tidak engkau perbuat "bersabarlah" ALLAH hanya meminta sedikit kesabaran, dan sesungguhnya ALLAH dekat dengan orang yang sabar,,.....