#navbar-iframe { display: none !important; }

Monday, November 5, 2012

Posisi Bayi Sungsang Dan Tips Menperbaikinya

Apa Kehamilan Sunsang dan Cara Mengatasinya? - Posisi setiap bayi dalam rahim mungkin tidak sama. Memang, secara umum, posisi bayi dalam rahim tertelungkup posisi denag kembali di bagian depan atau Left occipito anterior (LOA). Selain posisi ini, biasanya juga jika bayi berbaring dengan punggung menghadap ke sisi kiri. Lalu, bagaimana jika bayi sungsang?


Menurut Richard Fischer, MD, dari Departemen Obstetri dan Ginekologi, Bagian Ibu-Fetal Meidicine, Cooper Hospital / University Medical Center, ada beberapa posisi bayi sungsang. Ini adalah posisi sungsang. Artinya, pada pemeriksaan di mana hanya bayi bokong hanya teraba. Hal ini terjadi karena posisi janin meluruskan (ekstensi) kedua sendi lutut, sehingga kedua kaki mengarah ke atas dan kedua ujungnya sejajar dengan bahu atau kepala. Posisi sungsang berikutnya adalah presentasi sungsang teraba dengan satu kaki di samping, sedangkan kaki yang lain terangkat. Posisi berikutnya adalah kaki breech. Ketika pemeriksaan teraba pertama adalah salah satu atau kedua kaki, karena kaki mereka berada di bagian terendah.

Untuk Sungsang
Bisa dibilang janin tergantung pada proses adaptasi dalam rahim. Tidak perlu terburu-buru khawatir jika posisi sungsang terjadi di bawah usia kehamilan 32 minggu. Sebab, saat ini usia kehamilan, jumlah cairan ketuban relatif lebih banyak, sehingga janin masih dapat bergerak bebas. Ini berarti bahwa dari posisi sungsang bisa berputar ke melintang dan berputar lagi, sehingga posisi kepala di bagian bawah rahim. Jangan terkejut jika kehamilan belum cukup bulan, frekuensi menjadi posisi yang lebih tinggi sungsang.

Nah, ketika memasuki usia kehamilan 37 minggu ke atas, posisi sungsang sulit untuk berubah karena janin memiliki bagian terendah ke panggul. Namun demikian, apabila trimester ketiga, bokong janin dengan ukuran kaki dilipat lebih besar dari kepala akan menempati ruang yang lebih besar yang berada di bagian atas rahim. Sedangkan kepala berada dalam ruang yang lebih kecil, di segmen bawah rahim. Namun masalah muncul adalah mengapa posisi sungsang pula, masih bisa sampai ke usia kehamilan?

Menurut Fischer, ada beberapa sebb, yaitu kehamilan kembar. Artinya, kehadiran lebih dari satu janin dalam rahim menyebabkan perebutan tempat. Setiap janin berusaha mencari tempat yang lebih nyaman, sehingga ada kemungkinan bagian tubuh yang lebih besar (misalnya janin sungsang) berada di bagian bawah rahim. Penyebab lain adalah multiparitas, yaitu ibu telah melahirkan banyak anak sehingga rahimnya sangat elastis dan membuat janin berpeluang besar untuk memutar sampai minggu ke-37 dan seterusnya.

Penyebab sungsang juga dapat disebabkan hidramnion, tablet dari jumlah cairan ketuban yang melebihi normal. Situasi ini menyebabkan janin untuk bergerak lebih bebas meskipun mereka telah memasuki trimester ketiga. Selain itu, karena gangguan hidrosefalus juga dapat menyebabkan bayi sungsang. Hydrocephalus adalah ukuran besar kepala karena kelebihan cairan yang membuat janin mencari lebih banyak ruang, yaitu, membeli secara online doksisiklin di bagian atas rahim. Karena plasenta previa dapat mengakibatkan bayi sungsang. Plasenta previa adalah plasenta yang menutupi jalan lahir, sehingga mengurangi ruang di dalam rahim. Kemudian panggul sempit, ruang panggul mendorong posisi janin sungsang perubahan. Kelainan bawaan juga bisa menyebabkan bayi sungsang. Jika bagian bawah rahim lebih besar dari bagian atas, maka janin dalam posisi sungsang cenderung menngubah.

Mengatasi Bayi Sungsang
Jika bayi Anda berada dalam posisi sungsang, dokter mungkin akan ingin memturanya. Hal ini dikenal sebagai Versi Cephalic Eksternal (ECV), dengan menempatkan tangannya pada perut ibu dan perlahan mencoba memutar janin ke kepala bawah, semua dilakukan dengan USG dibantu. Metode ini efektif pada sekitar 70% kasus, dan menghindari operasi caesar yang tidak perlu. Setelah posisi bayi diketahui dengan pasti, dokter akan mencoba untuk memperbaiki bayi melalui perut Anda. Butuh waktu sekitar setengah jam dan mungkin merasa kurang nyaman, meskipun tidak sakit.

ECV sangat bergantung pada keahlian dari dokter yang merawat. Dalam memperbaiki posisi ini, kepala bayi bisa teraba dan rahim Anda dalam keadaan rileks (sebelumnya Anda mungkin akan mendapatkan peregangan obat pertama). Jika gagal memperbaiki untuk pertama kalinya, dokter mungkin akan coba lagi dalam beberapa hari. Atau menyarankan reltif lahir dengan operasi yang lebih aman.

Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan gravitasi untuk meningkatkan posisi bayi menjadi posisi anterior, yang merupakan posisi terbaik untuk melahirkan. Jika bayi Anda memiliki posisi terbaik, cara ini akan mempertahankan posisi janin. Tips ini pada dasarnya meminta Anda untuk bersandar panggul saat berdiri, duduk dengan lutut yang lebih luas dan lebih rendah dari panggul, serta berbaring dengan posisi menghadap ke kiri.