#navbar-iframe { display: none !important; }

Thursday, June 21, 2012

Tips menjadi comic stand up comedy


Anda ingin menjadi seorang comic pada acara-acara stand up comedy, namun belum mempunyai keberanian untuk menampilkan kemampuan anda diatas panggung comedy show, berikut ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu anda.
a.       Datangilah club-club yang memberikan panggung untuk open mic, datanglah sebagai penonton simak dan perhatikan materi-materi apayang mereka tampilkan, lihat apa yang disukai penonton, sekaligus anda dapat saling kenal dengan comic lain sehingga anda dapat mersa lebih familiar dengan suasana stand up comedy.

b.      Cobalah memulai menulis materi untuk stand up comedy, bawalah catatan materi anda pada saat menonton open mic, bandingkanlah meteri anda dengan comic lain yang telah tampil, sebagai bandingan untuk perbaikan materi anda.

c.       Bawalah selalu notebook anda karena anda tidak tahu kapan an dimana anda menmukan inspirasi  agar tidak kehilangan momen, karena anda tidak mempunyai cara untuk menulis pikiran dan ide-ide anda.

d.      Jangan pernah mencuri materi yang pernah digunakan oleh comic yang lain dengan cara penyajian yang sama, karena anda harus membangun reputasi untuk diri anda sendiri sebagai seorang profesional.

e.      Saatnya anda melatih kemampuan anda dengan merekam dengan kamera video, jangan hanya membaca catatan yang anda tulis didepan cermin terus menerus, agar dapat diputar kembali, rekaman video dapat memberi  kesempatan mengetahui bagian-bagian mana yang perlu diperbaiki.

f.        Jangan pernah takut untuk dibom, karena anda tidak akan pernah membawa rumah anda seperti siput untuk berlindung pada saat anda tampil dipanggung, pemboman bisa juga berguna karena kita akan mengetahui reaksi anda bersikap dalam situasi tersebut.

g.       Jauhkan pendapat anda untuk diri sendiri dengan meyindir dan mengkritik comic lain, serta memberi saran yang tidak diminta, ini adalah cara yang cepat untuk dibenci dalam dunia stand up comedy.

h.      Perbanyaklah teman, anda dapat membangun hubungan dengan sesama comic, promotor, dan pemilik club, karena comedy adalah komunitas semakin cepat anda bagian dari itu semakin baik.

i.         Jadilah diri sendiri, banyak situs comedy yang menawarkan tips bagaimana anda meniru comic lainya, dengan gaya comic tersebut membangun dan mengembangkan lelucon menurut karakternya, dengan demikian anda hanya akan menyangkal penonton dengan tidak memberi kesempatan mengenal anda sebagai comic, anda melakukan stand up comedy karena anda lucu dan anda menyukainya, yang anda butuhkan jujur pada diri sendiri.

j.        Daftarkan lah diri anda pada pengelolah club yang menyediakan open mic, untuk mengetahui kemampuan anda dengan materi yang telah dipelajari dan disiapkan selama ini, gunakanlah waktu yang telah diberi, jangan mengambil waktu comic lain, lakukan yang terbaik yang anda mampu untuk menangani para heckers yang dapat menggangu penampilan anda.

k.       Kajilah kembali penampilan anda dengan menulis kembali materi anda untuk membuatnya lebih baik lagi, mintalah umpan balik dari orang lain terutama teman yang jujur yang dapat anda percaya untuk benar-benar memberikan pendapat mereka dan tidak memberi tahu apa yang ingin anda dengar.

Semoga membantu.