#navbar-iframe { display: none !important; }

Thursday, October 11, 2012

Visual, Auditorik, Kinestetik



Sebenarnya ada 3 (tiga) macam cara mengolah informasi atau yang lebih sering disebut sebagai proses belajar, yaitu Visual, Auditorik dan Kinestetik. Anda termasuk yang mana? Berikut penjelasan singkat dari masing-masing tipe belajar tersebut:
  • Visual - Anda lebih suka melihat gambar, penggunaan warna dan dekorasi, informasi yang dikemas secara grafik dan gambar;
  • Auditorik - Anda lebih suka mendengar, suara, musik dan menyukai informasi yang disampaikan secara verbal (mendengarkan kaset, cd audio, pembicara di panggung dst).
  • Kinestetik - Anda lebih suka merasakan, menyentuh, senang mengalami sendiri, mengerjakan sesuatu terhadap suatu informasi atau pembelajaran.
Kata-kata yang sering digunakan:
  • Visual:
    • Saya bisa melihat apa yang Anda maksud…
    • Oooo saya tahu gambarannya…
    • Mmmm itu kelihatan serasi, cocok…
    • Bisa saya bayangkan…
    • Dalam pandangan saya…
    • Tunjukkan kepada saya bukti-buktinya..
    • Mari kita lihat dalam jangka-panjang…
    • Dan seterusnya…
  • Auditorik:
    • Saya dengar apa yang kamu katakan…
    • Kedengarannya ide yang bagus…
    • Coba dengarkan…
    • Kedengarannya gak asing dech…
    • Jelas beda, lha wong gelombangnya lain…
    • dan seterusnya…
  • Kinestetik:
    • Rasanya sudah benar…
    • Saya bisa merasakan…
    • Saya pernah mengalami…
    • Nikmat sekali rasanya bila…
    • Wah rasanya susah (gampang) kalo…
    • Dan seterusnya…
Okey, Anda termasuk apa? Tidak ada yang lebih baik, hanya saja Anda harus menyesuaikan cara belajar atau memroses informasi sesuai tipe pembelajaran Anda. Lantas apa saja yang harus diperhatikan (submodalitas) untuk masing-masing tipe V, A dan K tersebut? Beberapa saya paparkan berikut…
  • Visual:
    • Warna, kecerahan, kontras, bergerak atau diam, kabur atau jelas, dekat atau jauh, ukurannya kecil, sedang, atau besar, dalam konteks melihat dalam kerangka atau panoramik…
  • Auditorik:
    • Volume, Nada, durasi, lokasi, stereo/mono atau kuadrafonik, kata-kata atau suara, tempo dan ritme…
  • Kinestetik:
    • Suhu: dingin atau panas, Lokasi, intensitas, teksture: kasar/lembut, bobot: ringan/berat, tekanan: ringan/berat, durasi…
 anda yang mana,,??